Kamis, 22 Desember 2016

Pengalaman tentang membaca



Nama : Mohammad Donny Andreyanto
NPM :16410084
Kelas : 1 B
Pengalaman tentang membaca :
Pengalaman yang paling menarik menurut saya dari SD, SMP, SMA, adalah pada saat saya membaca Koran karena saya sangat senang sekali melihat informasi dan berita-berita terkini. Waktu itu saya ada tugas bahasa Indonesia yang bertemakan teks editorial waktu itu saya kelas xii sma, saya benar - benar tertarik pada sebuah artikel yang berjudul Menjegal Fenomena Begal karena pada saat itu di daerah atau kabupaten saya di Demak sedang ramai dibicarakan masalah begal contoh nya saja di daerah Sayung ada dua orang teman saya yang mengalami musibah kena begal. Oleh sebab itu saya sangat tertarik membaca artikel yang Menjegal Fenomena Begal.
Isi dari artikel tersebut yaitu menceritakan tentang marak nya aksi kejahatan begal yang ada di tanah air dan sangat disesalkan karena yang menjadi pelaku begal adalah anak remaja yang usia nya tidak jauh berbeda dari usia saya sendiri. Aksi yang dilakukan oleh para remaja tersebut bukan hanya merampas harta benda berharga namun mereka juga tak segan untuk melukai korbannya. Marak nya aksi begal merupakan tamparan bagi aparat keamanan karena tidak mampu menjaga keamanan masyarakat nya dari segala ancaman kejahatan. Kerjasama sinergis antara masyarakat dan TNI harus ditingkatkan.
Dan artikel ini juga membahas cara atau antisipasi terhadap kejahatan begal. Contoh nya yaitu melakukan langkah preventif dengan melakukan pemantauan yang dilakukan aparat keamanan seperti patroli, dan razia di lokasi yang rawan dan potensial terjadinya kejahatan begal. Selain itu juga ada nya pos ronda di lingkungan masing-masing. Serta keluarga mempunyai peran penting untuk mendidik anak agar tidak salah arah dan berujung pada kenakalan remaja.


Karena membaca artikel ini juga saya menjadi belajar mawas diri jika lewat di daerah rawan begal. Dan saya juga merasa bersyukur karena saya tidak salah arah dan terjerumus ke perilaku kenakalan remaja contoh nya ya seperti kejahatan begal. Artikel ini juga memberikan berbagai informasi yang sangat bermanfaat bagi pengguna jalan raya. Contoh nya saja menghindari kejahatan begal dapat kita lakukan dengan tidak melewati jalan-jalan rawan begal. Dan tidak melewati jalan sepi sendirian menggunakan sepeda motor khusus nya untuk para wanita karena biasanya korban begal lebih banyak wanita. Dan disarankan tidak menggunakan barang-barang mencolok bagi kaum wanita karena rawan terkena kejahatan begal.
Artikel ini membuat saya merasa benar-benar sesuai dengan fakta kejadian di masyarakat saya menyimpan dan mengambil artikel ini untuk tugas teks editorial saya.Saya mengambil artikel ini pada hari senin 2 Maret 2015 kalau untuk waktu membacanya lebih tepat nya saya lupa mungkin sore hari tapi waktu tepat nya saya lupa. Menurut saya ini pengalaman membaca saya yang sangat menarik karena artikel ini sesuai realitas di kehidupan nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri paling cuul

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BERSOSIAL MEDIA UTS_PBSI_3B