Kamis, 22 Desember 2016

Membaca Menurut Para Ahli



Nama : Mohammad Donny Andreyanto
NPM :16410084
Kelas : 1 B
Membaca adalah kegiatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti membaca Koran untuk menemukan informasi, membaca novel dan cerpen untuk menghibur diri, dan membaca buku ilmu-ilmu pengetahuan untuk dapat melihat dunia. Seperti pepatah yang mengatakan “Bahwa membaca adalah jendela dunia”.
Tak hanya itu membaca merupakan hal yang kita pelajari saat pertama kali menduduki bangku sekolah. Jika kita membaca sebuah cerita atau novel maka seakan-akan kita ikut masuk kedalam gambaran cerita tersebut. Seperti definisi membaca menurut Mr. lado terbit tahun 1976 halaman 132, membaca yaitu memahami pola-pola atau tata bahasa dari sebuah gambaran yang tertulis.
Bahkan jika kita membaca sebuah novel atau cerpen terkadang dapat menarik kesimpulan bahwa cerita ini mengajarkan kita untuk berbuat baik atau memiliki pesan yang disampaikan kepada pembaca secara tersirat. Seperti definisi membaca menurut Mr. Hoddson terbit tahun 1960 halaman 43-44, membaca yaitu proses yang dilakukan oleh para pembaca agar mendapatkan pesan yang akan disampaikan penulis dengan perantara media kata-kata maupun bahasa tulis. Apabila pesan tersurat dan tersirat dapat dipahami, maka proses membaca akan terlaksana dengan baik.
Kegiatan membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku, majalah, Koran, dan artikel saja. Namun kegiatan membaca terkadang tidak kita sadari secara langsung dalam kehidupan sehari-hari seperti membaca arah jalan, pamphlet iklan, membaca simbol-simbol lalu lintas dan lain sebagainya seperti definisi membaca menurut Mr.Yorys keraf terbitan tahun 1996 halaman 24, definisi membaca yang lengkap antara kegiatan antar unsur fisik dan mental, oleh karena itu membaca dapat diartikan memberi makna dari simbol-simbol visual.
Tannggapan Para Ahli:
Pengertian membaca menurut Tampubolon (1990: 5), membaca adalah suatu cara untuk membina daya nalar. Dengan kebiasaan membaca daya nalar siswa menjadi lebih terbina. Kita dapat membaca tanpa menggerakkan mata atau tanpa menggerakkan telunjuk untuk membaca.
Pengertian membaca menurut  Hodgson sebagaimana yang dikutip oleh Tarigan (2008: 7), membaca adalah proses yang dilakukan dan dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis.

membaca menurut Farida Rahim (2005: 1), terdapat tiga istilah yang sering digunakan untuk memberikan komponen dasar dari proses membaca yaitu: recording, decoding, dan meaning. Recording merujuk pada kata-kata dan kalimat kemudian mengasosiasikannya dengan bunyi-bunyinya sesuai dengan sistem tulisan yang digunakan. Decoding adalah proses penerjemahan rangkaian grafis ke dalam kata-kata. Penekanan membaca pada tahap recording dan decoding merupakan proses perseptual yaitu pengenalan korespondensi rangkaian huruf dengan bunyi-bunyi bahasa yang sering disebut dengan istilah membaca permulaan sedangkan meaning lebih ditekankan di kelas tinggi Sekolah Dasar.





















DAFTAR PUSTAKA:
 ( diakses 02 oktober 2016, 21:39 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri paling cuul

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BERSOSIAL MEDIA UTS_PBSI_3B