Kamis, 12 April 2018

Andai Menjadi Guru

NAMA: MOHAMMAD DONNY ANDREYANTO
KELAS: 4B

Sore ini saya melaksanakan tugas andai saya menjadi guru, dan menggunakan metode seperti apa. Andai saya menjadi guru pada kelak nanti saya akan mengguanakan metode diskusi dengan melalui pendekatan saintifik, mungkin menggunakan metode diskusi lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi siswa secara tidak langsung siswa tidak dikekang dengan proses pembelajaran yang menjadikan siawa lebih santai dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Dan guru lebih mudah dalam melakukan penilian, pengamatan perkembangan peserta didik sesuai prosedur dalam kurikulum sekarang yang dipakai saat ini. Jika tidak bisa penerapan metode diskusi dalam kelas tersebut saya akan menggunakan metode seperti ini. Ketika awal masuk kelas saya akan menggunakan metode literasi atau membaca materi yang dilakukan oleh peserta didik.  Sebelum masuk kemateri inti pembelajaran. Contoh dalam buku teks tentang puisi, peserta didik memabaca kurang lebihnya selama 20 menit yang berkaitan dalam materi tersebut, setelah itu saya akan memberikan motivasi dalam berupa bentuk tayangan video yang berkaitan dengan materi.
Karena dengan menggunakan tayangan virtual perseta didik lebih tertarik dan tidak membuat jenuh dalam pembelajaran, kira-kira hingga 5  10 menitan dalam memberikan motivasi terhadap peserta didik. Dan itu tergantung dengan fasilitas yang dimiliki oleh pihak sekolah tersebut, jika tidak ada saya akan memberiakan motivasi kepada siswa secara langsung.   Jika sekiranya sudah cukup saya akan menugasi siswa saya dengan membuat puisi dan membacakan puisi dengan benar.
Jika semua sudah dengan yang saya harapkan sebelumanya, dan mengakhiri  penutupan saya akan mengevaluasi materi tersebut sebelum mengakhiri pembelajaran saat itu. Anadi saya menjadi guru saya akan menjadi guru yang disukai oleh peserta didik saya dalam artian itu dalam pembawaan pembelajaran yang menyenangkan dalam penyampaian materi tersebut.

        Yang menggunakan KD pada 3.13 yang berbunyi Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. Dan lebih kepada pilihan kata, dari pemilihan kata yang membuat pembaca akan mejadi tertarik untuk membacanya dan akan memnggunakan media penayangan contoh orang membacakan puisi dengan pemilihan kata yang indah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri paling cuul

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BERSOSIAL MEDIA UTS_PBSI_3B