Senin, 24 September 2018

Kata Pengantar Pada Bab Teks Eksplanasi

Saat ini kita akan belajar teks eksplanasi. Kamu tau apa manfaat mempelajari  teks eksplanasi dan sering dipakai dalam karya ilmiah untuk menjelaskan proses terciptanya sesuatu secara ilmiah. Tujuan karangan eksplanasi adalah untuk menerangkan atau menjelaskan serangkaian proses dari suatu gejala atau fenomena alam atau sosial. Pada bab ini kita akan membahas mengenai teks eksplanasi dalam fenomena-fenomena alam yang berkaiatan tentang pada bencana alam serta fenomena sosial masyarakat.  Contoh: tulisan tentang dampak dari global warming, tentang terbakarnya hutan dan wabah penyakit. Teks ini menjelaskan pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi. (https://blog.ruangguru.com/pengertian-teks-eksplanasi-dan-strukturnya, diakses pada tanggal 24 September 2018).
Untuk membekali kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi yang diharapkan, pada bab ini siswa akan belajar mengenai:
1.       Membaca teks eksplanasi
2.       Mengetahui langkah-langkah teks eksplanasi
3.       Mengetahui struktur teks eksplanasi
4.       Menyusun langkah-langkah teks eksplanasi, dan
5.       Memproduksi teks eksplanasi

Kamis, 10 Mei 2018

KKL BALI 2018

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat sore perkenalkan nama saya Mohammad Donny Andreyanto sering dipanggil Donny, semester 4 dari Universitas PGRI Semarang, yang dilahirkan ibu saya di kota Demak, pada tanggal 14 April 1997. Saya tinggal di desa Mijen RT/RW 02/05, kecamatan Mijen, kabupaten Demak. Jika ingin tahu lebih tentang saya bisa lewat blog saya: sensaidonny.blogspot.co.id, kalo enggak bisa lewat instagram saya: @donny_andre. Dari tulisan kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh seorang pengarang. Akhirul kalam, wabillahi taufiq wal hidayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            Berawal dari tempat kos saya yang bermukin di dekat pasa langgar, disanalah saya merebahkan tulang-tulang yang letih seharian beraktivitas di kampus tercinta (UPGRIS). Sebelum hari H keberangkatan kkl saya kayak orang-orang umumnya beres-beres menyiapkan macam-macam keperluan yang akan dibawa kesana dan kayak orang-orang yang biasanya tidur cepat biar bisa bangun awal tapi saya malah sebalikanya enggak bisa tidur malah begadang main catur sama teman kos saya sampe jam 3 pagi waktu itu. Dan waktu itu saya baru bisa terlelap tidur kurang lebih mau subuh jam 4 pagi dan terbangun jam setengahh 7 itu baru bangun dan syok bangetbelum mandi, belum sarapan dan itu juga teringat kalo keberangkatan kurang 30 menitan lagi.
            Saya mandi secepat-cepatnya mungkin cuma 5 menitan dan yang penting keliatan kayak layaknya tampang orang mandi , itu yang paling kepikiran dibenatku adalah berangkat dan tidak terlambat sampai kampus 4. Terus saya bangunin teman saya yang sudah saya pesanin suruh banguin saya jam 5 tapi malah enggak dibangunkan.
            Bergegas memanggil teman saya dengan teriak-teriak dengan bermaksudkan ia cepet bangun tapi dia masih terlelap tidur. Pasti kalian tahulah rasanya kalo orang telambat bukan, rasanya serba bingung dan kayak ada yang ketinggalan tapi tidak bisa mengitnya apa yang tertinggal. Saya memutuskan berangkat dan tidak menghiraukan benda atau sesuatu apa yang tertinggal pada saat itu. Dan akhirnya saya berangkat dengan diantarkan teman kamar sebelah yang mauh rencana berangkat kuliah namun ku meminta mengantarkanku terlebih dahulu karena sudah terlalu terlambat dari jadwal yang telah ditentukan terlebih dahulu.
            Puluk 07:13 WIB sampe kampus 4 yang ternyata masih sepi banyak yang belum masuk pada datang di kampus 4, yang saya kira waktu itu hanya saya yang terlambat sampai kampus 4. Di hati ada rasa kasal dan lega pada saat itu.

Kurang lebihnya pukul 08:00 WIB mulai pemberangkatan dari kampus 4 menuju pulau dewata lewat jalur utara saat itu yang kurasa cukuplah dan itu saya th heran karena emang jalanan tersebut cukup padat. Saya duduk ditengah yang tak sesuai dengan anjuran dosen yang katanya semua anak laki-laki duduk di belakang sedangkan saya duduk ditengah-tengah dari sekumpulan anak perempuan. Dikarenakan itu teman sebelah ku yang beralasan suka mabuk kalo duduk di belakang apa lagi diatas roda bis tepatnya seperti itu, tapi saya berprasangka buruk pada dirinya yang pastinya dia ada alasan lain. Menurut saya yang sebagai teman sekelas dan teman yang cukup lama kenal dia, dia duduk di tenag badan bus bukan dikarenakan supaya enggak mabuk melainkan di posisi saat itu dia memiki pasanagan, yang notabennya dia juga satu kelas dan satu bus.
            Maaf saja disini saya bekan ada maksudtan untuk cemburu atau semacamnya, maaf teman. Eh, kok malah ngomongin teman sendiri, kebali ketopik semula sesampai di bus perasaan bau bus pertama kali masuk kalian pasti udah tahu yang baunya kayak bau mesin pada kendaraa roda emat, yang kurang terbiasa dengan bau tersebut yang kayak saya sekarang serasa pingin muntah pas awal naik bis tersebut. Tapi saya berusaha beraaptasi dengan suasana bau bus tersebut. Perjalanan sangat lah lama menuju pulau dewata tersebutmenempuh waktu kurang belebih seharian didalam bus dan itu sangat-sangat lah boring, males, lelah, capek, dan ngantuk.
            Pukul 08:50 an barulah sampai di kota kelahiran saya kota Demak, saya berlari menuju ke depan dekat pak dosen dan pak supir bukan bermaksudkan ingin melapor ada orang yang mabuk melainkan saya  ingin merekam sekilas untuk memnuhi tugas kuliah untuk membuat laporan dan membuat video yang akan diunggah di youtube dan itu harung berfikir kedua kalianya seperti lagunya Raisa. Yang seperti alasan saya diatas ngantuk dan semacamnya yang melanda diriku saat di bus, untuk menghilamgkan rasa ngatuk saat di bus saya menyibukan diri saya dengan mengambil dokumentasi setiap perjalanan ke pulau dewata, kalo ada pun yang terlewat itu saya sedang tertidur dan kecapean.
             Mending kita skip saja beberapa perjalannan yang masih sangat jauh ini yang masih berkilo-kilo meter lagi untuk sampai tujuan. Kadang jenuh yang karenakan udah pernah wakatu SMA liburan ke pulau Dewata tetapi yang membuat berbeda saat perjalanan bareng sama teman-teman baru dari berbagai logat, golongan, dan letak geografis. Itu lah yang membuat perbedaan yang menjadi istimewa,  namun terasa capek juga karena kebanyakan duduk memandang rumah, pohon yang sedang berlarian dan pada akhirnya tertidur samape pemberhentian pertama di rumah makan Wahyu Utama untuk melaksanakan makan siang dan salat dzuhur. Itu pun tempat rumah makannya sama dengan yang pernah saya singgah saat SMA, saya pun berfikir itu tempat rumah makannya kok sama apa karena makanannaya enak atau warung cukup tergolong murah sangat itu saya enggak tahu. Tapi saya enggak perduli untuk memperdulikan tempat singgah yang pertama ini, pukul pada 12:30 WIB selepas makan saya dan kelompok lain membagi tugas untuk mendokumentasikan tempat singgah ini.
            Pukul 13:00 WIB pihak tour pgri menyuruh untuk sudah naik ke bus untuk melanjutkan perjalanan menuju rumah makan BromoAsri untuk makan siang sepanjang jjalan saya tertidur melek tertidur melek melek tidur seperti itu tersus sampai ke rumah makan Bromo Asri untuk makan malam disana. Sampai disana seperti awal hanya makan dan menyetotkan ke kamar mandi supaya enggak menyusakan teman satu bus saat perjalannan, ada orang yang sedang minta  ke wc itu juga sangat membuat molor waktunya ketika menuju ke plabuhan Ketapang. Target dari pihak penyelenggara tuor tersebut menyargetkan jam 24:00 kurang lebihnya seperti itu, sesampai di pelabuhan ketapang semua mahasisiwa dipersilahkan untuk turun dari bus saat penyerbangan berlangsung dari pelabuhan Ketapang ke pelabuhan Gilimanuk yang memakan waktu kurang lebihnya hanya 45 menit.
            Dan diatas kapal sangat lah dingin karena dari awal saya sudah tidak mengenakann jaket dari Semarang, angin sangat terasa kencang berhembus menusuk badanku yang tinggal tulang dan kulit bisa dikatakan seperti itu. Ku sangat menyesal pada saat itu tak membawa jaket, setelah penyebrangan selesai dari pihak tour menyuruh mahasisiwa untuk menju bus untuk melanjutkan perjalanan ke rumah makan soka untuk sarapan pagi dan yang mauh mandi dipersilahkan. Tapi seperti kebiasa di kos yang jarang mandi namun masih ada alasan tersendiri dari itu semua karena kelamaan mengantri kamarmar mandi yang antriannya melebihhi antrian sembako murah, akhirnya ku memutuskan untuk cuci muka dan menggosokk gigi pada saat itu.
Setelah melakukan sarapan pagi yang di laksanakan di rumah makan Soka Indah, dan akan melanjutkan ke Tanah Lot yang terapat pura suci di tengah laut disertai adanya sumber mata air tawar di dalam gua karang tanpa direkayasa kemunculan air tersebut tanpa ada pipa-pipa yang menyalurkan kedalam gua tersebut dan memliliki ular suci, ular suci tersebut dari jenis ular air yang tinggal dalam gua tersebut yang dipercaya dari warga setempat adalah jelmaan dari dewa-dewa.

Disini saya bisa melihat seseorang yang benar-benar selalu ada bukan yang benar-benar ada pada waktunya jika mereka sedang butuh dan aku pada akhirnya saya lebih harus tahu terhadap meraka, saya yang mengerti meraka bukan mereka yang harus mengerti saya karena saya yang membutuhkan mereka yang sejatinya manusia tidak bisa hidup sendiri melainkan       saling membutuhkan  itu lah seorang manusia.
             Saat itu pukul sudah menunjukan waktu makan siang seperti biasa yang akan dilaksanakannya di Dewata itu adalah tempat makan sekaligus tempat yang menjual macam-macam kenang-kenangan khas dari Bali. Selepas dari makan siang menuju ke pasar Sukowati pasar yang menjual narang dengan harga-harga yang sangat  lah miring dari harga pada umumnya pintar-pintar dalam menawar barang yang akan dibeli. Setelah dari pasar Sukowati kita akan menuju ke Panatai Kuta hanya lah hamparan pasir yang disertai air dengan ombak yang cukup besar dan panasnya sang mentari yang sangat trik saya memutuskan untuk berteduh tidak melakukan aktifitas hkalayak orang-orang pada umumnya pada saat iru melakukan foto-foto yang dengan kegirangan.

tari kecak di Waribang, yang ditarikan secara berkelompok pria yang mengiringi penari atau tokoh-tokoh yang sedang menampilkan tari kecak tersebut, nada-nada iringan yang dihasilkan dari sekelompok pria yang berbunyi seperti “cak, cak-cak, cak-cak-cak, cak-cak-cak-cak” itu dibagi dalam barisan paling depan sampai paling belakang. Sampai setengah delapan selesainya tari kecak tersebut, sekarang menuju ke wisata oleh-oleh di Krisna sambil makan malam disana, capek muter-muter dari wisata ke satu wisata yang pingin lansung rebahan di hotel Quest merenggangkan otot-otot betis yang mulai kencang, tapi malah enggak bisa tidur sampai disana malah nonton tv sampai pagi karena dia sana banya menanyakan acara-acara kartun, anime itu tanpa sensor yang membuat diriku bernostalgia dengan film-film masa kecil.
            Pagi yang segar mentari menyapa dengan syahdunya di pagi itu, sarapan dan melanjutkan ke IKIP PGRI Bali untuk mengikuti seminar dengan IKIP PGRI Bali. Enggak sampai selesai kami meninggalkan terlebih dahulu karena berpasan dengan salat jumat pada waktu itu yang langsung dilanjutkan ke pantai Dewata pantai yang katanya memliki keeksotisan yang sangat luar biasa.

Jingga seolah menjadi warna untuk tempat bersembunyi. Sekian dari saya akhirukallam wassallammualaikum wr wb

Kamis, 12 April 2018

Andai Menjadi Guru

NAMA: MOHAMMAD DONNY ANDREYANTO
KELAS: 4B

Sore ini saya melaksanakan tugas andai saya menjadi guru, dan menggunakan metode seperti apa. Andai saya menjadi guru pada kelak nanti saya akan mengguanakan metode diskusi dengan melalui pendekatan saintifik, mungkin menggunakan metode diskusi lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi siswa secara tidak langsung siswa tidak dikekang dengan proses pembelajaran yang menjadikan siawa lebih santai dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Dan guru lebih mudah dalam melakukan penilian, pengamatan perkembangan peserta didik sesuai prosedur dalam kurikulum sekarang yang dipakai saat ini. Jika tidak bisa penerapan metode diskusi dalam kelas tersebut saya akan menggunakan metode seperti ini. Ketika awal masuk kelas saya akan menggunakan metode literasi atau membaca materi yang dilakukan oleh peserta didik.  Sebelum masuk kemateri inti pembelajaran. Contoh dalam buku teks tentang puisi, peserta didik memabaca kurang lebihnya selama 20 menit yang berkaitan dalam materi tersebut, setelah itu saya akan memberikan motivasi dalam berupa bentuk tayangan video yang berkaitan dengan materi.
Karena dengan menggunakan tayangan virtual perseta didik lebih tertarik dan tidak membuat jenuh dalam pembelajaran, kira-kira hingga 5  10 menitan dalam memberikan motivasi terhadap peserta didik. Dan itu tergantung dengan fasilitas yang dimiliki oleh pihak sekolah tersebut, jika tidak ada saya akan memberiakan motivasi kepada siswa secara langsung.   Jika sekiranya sudah cukup saya akan menugasi siswa saya dengan membuat puisi dan membacakan puisi dengan benar.
Jika semua sudah dengan yang saya harapkan sebelumanya, dan mengakhiri  penutupan saya akan mengevaluasi materi tersebut sebelum mengakhiri pembelajaran saat itu. Anadi saya menjadi guru saya akan menjadi guru yang disukai oleh peserta didik saya dalam artian itu dalam pembawaan pembelajaran yang menyenangkan dalam penyampaian materi tersebut.

Yang menggunakan KD pada 3.13 yang berbunyi Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. Dan lebih kepada pilihan kata, dari pemilihan kata yang membuat pembaca akan mejadi tertarik untuk membacanya dan akan memnggunakan media penayangan contoh orang membacakan puisi dengan pemilihan kata yang indah.

Senin, 12 Maret 2018

Puisi, Mereka 2

Mereka 2

Dulu....
 ku belum mengenal mereka,
Belum mengenal rasa sakit yang kau timbulkan.
Ku ingat,
ketika ku berada di ruang sunyi yang nampak langit abu-abu yang menyelimuti hari-hari Ku tanpa ada kata terucap dari mu.
Sementara hari berlalu, tanpa ada teman yang mengerti di hati.
Yang datang hanya angin cemas yang memberi kabar, apakah Ku kuat dengan ini.
Entah esok nanti, entah lusa nanti, seperti biasa Ku hanya terbisu.
Dengar lah rintihan Ku yang mungkin tak pernah kau dengar, hanya kau kesampingkan.
Namun nafas ini masih berhembus Ku tak akan menunggu kata dari mereka, Ku tau pasti ada masa nya kau akan tersadar.
 Karya: mda

Rabu, 07 Maret 2018

Puisi Pagi Ku

Pagi Ku

Kenapa harus hati yang terluka terus menerus???
Tapi kamu tak peduli dengan hati itu yang harus menahan luka
Aku hanya teman yang cuma hanya mengingatkan dan mendukung jika itu baik untukmu lakukanlah,
Aku cuma tak ingin melihat kamu terluka.
Ku ingin melihat tawamu, senyummu, ceriamu, tapi hati berkata "apakah aku harus dengan rasa yang sama".
~mda

Semarang, 8 Maret 2018
07.43
Puncak Kampus 4 Univ.PGRI.Semarang

Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Nama: Mohammad Donny Andreyanto
NPM: 16410084
Prodi: PBSI/4B
Bismillahirrahmanirrahim, assalammualaikum warahmatullahi wabarakatu. Selamat sore perkenalkan nama  saya Mohammad Donny Andreyanto, prodi PBSI semester 4 dari Universitas PGRI Semarang, yang dilahirkan di kota Demak oleh ibu saya pada 14 April 1997. Jika ingin lebih tahu tentang saya bisa sepik-sepik di instagram saya: @donny_andre :-) :-) . Kali ini saya akan membahas tentang "Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia”
Pelajaran bahasa indonesia yang kita kenal itu pelajaran yang sudah ada sejak kita masih SD sampai SMA pun ada dan banyak macam guru mengajarkan kepada peserta didik. Saya mengambil contoh saya sendiri saat duduk dibangku sekolah menengah atas di SMA N 1 MIJEN, terdapat 4 guru pengampu pelajaran bahasa indonesia setiap guru memakai strategi yang berbedayang masih saya kenang sangat itu guru bahasa indonesia kelas XI. Guru tersebut menggunakan pembelajarang yang sangat lah mengasikan dan mengesankan terutama dalam penyampain materi kepada peserta didiknya. Guru masuk kelas dengan cara mencari perhatian muridnya misalnya saat pembukaan pembelajaran guru mengucapkan salam dengan sangat keras dengan cara seperti murid yang sudah mulai lelas akan tersadarkan kembali disaat itu pembelajaran berlangsung saat jam siang dimana suasana kelas panas dan gerah yang menjadikan malas bahkan kosentrasi mulai memudar.
Guru membuka pelajaran dengan gurauan tapi serius, cara penyampain materinya guru mengulang ulang materi yang disamapaikan pada hari itu sampai murid menjadi terbiasa dengan materi yang disampaikan oleh guru tersebut. Setelah penyampaian materi yang dianggap sudah dirasa cukup dan waktu masih ada beberapa sampai menunjukan waktu selesai, guru tersebut bercerita atau memberi motivasi kehidupan didalam masyarakat. Di akhir pembejaran guru memberi salam penutup sambil melambaikan tangan, siswa pun antusias melambaiakan tangan terhadap guru tersebut.

Senin, 15 Januari 2018

Janji

Menepati janji pada musim itu, bosan.
Banyak guguran daun yang berjatuhan ketanah yang terhempas oleh angin,
Didasari rasa sakit, ntuk janji itu.
Setiap musim itu aku pasti menunggu kedatanganmu,
Aku percaya, disana kau baik-baik saja.
Perbedaan impian ini akan berangsur panjang.
Engkau sibuk dengan impianmu, demikian aku sibuk dengan impianku.
Perbedaan ini semoga akan saling menguatkan.